Minggu, 11 Desember 2011

Sarana Manajemen

Untuk mencapai tujuan yang telah dditentukan, diperlukan alat-alat sarana (tools). Tools merupakan syarat suatu usaha untuk mencapai hasil yang sudah ditetapkan. Tools tersebut dikenal dengan istilah 6M, yaitu men, money, materials, machines, method, dan market.

man
merujuk pada sumber daya manusia sebagai pengelola dari semua sumber daya yang dimiliki. dalam manajemen, manusia merupakan faktor yang paling menentukan. manusia merupakan subjek yang membuat tujuan dan manusia pulalah yang mlakukan proses untuk mencapai tujuan.

money
merupakan alat satuan pengukur nilai dan merupakan alat tukar. besar kecilnya kegiatan dihitung dari jumlah uang yang beredar di perusahaan. sudah jelas bahwa uang merupakan sumber daya pembentuk modal dan perhitungan secara rasional.

material
terdiri dari barang mentah maupun barang setengah jadi. barang-barang ini merupan faktor produksi yang akan diolah perusahaan untuk menghasilkan produk yang mendatangkan keuntungan bagi perusahaan.

machine
digunakan untuk memudahkan manusia dalam melakukan produksi yang mendatangkan keuntungan serta meningkatkan efisiensi kerja.

metode
merupakan tata cara kerja yang memperlancar jalannya pekerjaan manajerial. sebuah metode dikatakan sebagai penetapan cara pelaksanaan tugas dengan memberikan berbagai pertimbangan-pertimbangan kepada sasaran, fasilitas-fasilitas yang tersedia dan penggunaan waktu, serta uang dan kegiatan usaha.

market
merupakan tempat untuk memasarkan produk hasil produksi perusahaan. dengan begitu, perusahaan akan mendapatkan keuntungan setelah memasarkannya di pasaran yang telah diperhitungkan sebelumnya.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar