Senin, 12 Desember 2011

Tingkatan Manajer

Pada organisasi berstruktur tradisional, manajer sering dikelompokkan menjadi: manajer lini pertama, manajer tingkat menengah, dan manajer puncak. biasanya berbentuk piramida dengan jumlah karyawan yang semakin sedikit ke arah atas. 
berikut adalah tingkatan manajer mulai dari bawah ke atas:

  • Manajemen lini pertama (first-line management)
dikenal pula dengan istilah manajemen operasional, merupakan manajemen tingkatan paling rendah yang bertugas memimpin dan mengawasi karyawan non-manajerial yang terlibat dalam proses produksi. sering disebut penyelia (supervisor), manajer shift, manajer area, manajer kantor, manajer departemen, ataupun mandor (foreman).

  • Manajemen tingkatan menengah (middle management)
 mencakup semua manajemen yang berada di antara manajemen lini pertama dengan manajemen puncak dan bertugas sebagai penghubung antara keduanya. jabatannya dapat berupa kepala bagian, pemimpin proyek, manajer pabrik, atau manajer divisi.

  • Manajemen puncak (top management)
dikenal pula dengan istilah executive officer. bertugas merencanakan kegiatan dan strategi perusahaan secara umum dan mengarahkan jalannya perusahaan. contoh: CEO (Chief Executive Officer), CIO (Chief Information Officer), dan CFO (Chief Financial Officer).


Tidak ada komentar:

Posting Komentar